HEBAT..CARA MERAWAT LAPTOP AGAR AWET

Assalamualaikum wr.wb

Selamat datang di blog saya(ricko)

Pasti kalian ingin supaya laptop kalian awet dan tahan lama kan?

Ya sama,saya juga mau😄

Tapi sekarang ini banyak orang yg punya laptop tapi tidak tau cara merawat laptop dengan baik dan benar.

meskipun  sekarang harga laptop semakin murah,tapi kita tetap harus merawat komponen komponen yg ada dilaptop kita agar dapat awet dan tahan lama.

Bagi sebagian orang mungkin membersihkan laptop itu termasuk hal  yg repot padahal sebenarnya daya tahan laptop itu tudak sekuat PC.baiklah saya disini akan membagikan pengalaman saya saat menggunakan laptop,walaupun saya membeli laptop itu dalam keadaan second dan memiliki spek yg tidak tinggi(processor i5 dan hdd 500 gb)tapi saya selalu membersihkan laptop saya agar bisa tahan lama (supaya nggak buang buang dana😆) walaupun saya menggunakan laptop hanya untuk bermain game ringan,mengerjakan tugas,desain grafis tetapi saya selalu berusaha agar laptop saya bisa tahan lama.

Langsung saja inilah cara supaya laptop kita tetap awet dan tahan lama

1.JANGAN SERING MENGGUNAKAN LAPTOP UNTUK BERMAIN GAME BERAT

Karena belum tentu laptop kita cocok untuk bermain game berat,padahal  apabila kita sering bermain game berat dalam kurun waktu yg lama maka dapat menyebabkan komponen didalam laptop kita akan mengalami overheat.

2.JAUHKAN MAKANAN DARI LAPTOP

Sebaiknya jangan menaruh makanan dan minuman didekat laptop,karena ditakutkan makanan atau minuman itu jatuh diatas keyboard kita dan akan menyebabkan terganggunya kinerja keyboard saat kita gunakan.

3.JANGAN SEMBARANGAN MENGUNDUH APLIKASI DARI SITUS YG TIDAK DIKENAL

Karena ditakutkan aplikasi tersebut membawa virus yg berbahaya,dan sebaiknya kalian mengunduh aplikasi anti virus untuk melawan virus yg masuk.

4.PERHATIKAN SUHU LAPTOP ANDA

Jangan sampai laptop kita overheat yg dapat membuat komponen didalam laptop kita menjadi gosong dan rusak

5.JANGAN MENGGUNAKAN LAPTOP DIATAS KASUR

Karena perbuatan tersebut menyebabkan suhu panas laptop yg sulit keluar dan menyebabkan overheat

6.JAUHKAN DARI SESUATU YG BASAH/BERAIR

Karena laptop kita sangat anti dengan air yg dapat menyebabkan korosi bahkan konslet

7.JANGAN MEMINDAHKAN LAPTOP SAAT SEDANG MENYALA

Karena saat laptop kita menyala harrddisk akan berputar dan saat laptop dipindahkan dalam keadaan menyala maka akan menyebabkan goresan dipiringan harddisk,memang dampaknya tidak langsung tetapi lama kelamaan laptop kita akan lemot dan dapat membuat harddisk tidak berfungsi normal

8.BERSIHKAN KEYBOARD DAN KOMPONEN LAINNYA

Supaya kotoran atau debunya bisa hilang dan kita akan nyaman saat menggunakannya

9.MATIKAN LAPTOP SESUAI PROSEDUR

Sebaiknya mematikan laptop harus sesuai dengan prosedur supaya menambah daya tahan laptop anda,dan jangan mematikan laptop dengan cara langsung menekan lama tombol power

10.GUNAKAN COOLING PAD

Apakah kalian tau tau apa itu cooling pad?

Cooling pad adalah alat untuk mendinginkan laptop dengan harga bervariasi 

11.JANGAN MENGGUNAKAN LAPTOP SAAT SEDANG DICAS

Karena arus listrik saat mengecas dan menggunakan itu berbeda dan akan membuat baterai laptop menjadi boros dan bahkan rusak

12.JANGAN LANGSUNG MENUTUP LAYAR LAPTOP SETELAH BARU DIMATIKAN

Karena hawa panas akan keluar atau menguap dan ditakutkan suhu panas tersebut merusak layar laptop secara perlahan lahan.

Sebaiknya tunggu beberapa menit(tergantung suhu laptop sih) baru anda dapat menutup layar laptop

13.JANGAN SAMPAI BATERAI 0%

Usahakan cas laptop pada saat minimal 15% agar dapat menambah daya tahan baterai

14.PAKAILAH LAPTOP SEWAJARNYA SAJA

Jangan terus terusan menggunakan laptop apa lagi sampai 24 jam nonstop karena komponen laptop juga perlu istirahat

15.JANGAN TERLALU LAMA MENYIMPAN LAPTOP

Usahakan jangan sampai laptop terlalu lama tidak digunakan,minimalnya gunakan laptop 2 kali dalam seminggu agar komponen laptop tidak mudah usang


Itulah cara merawat laptop yg baik dan benar,silakan dicoba dirumah karena semua cara tersebut sudah saya lakukan dan terbukti laptop saya masih aman aman saja.

Jangan lupa share ya apabila blog saya ini bermanfaat.

Jika ada pertanyaan silakan bertanya lewat kolom komentar ya

Kalau mau request juga boleh kog.apabila ada salah kata saya(ricko)mohon maaf yg sebesarnya

HATURNUHUN   

No comments:

Post a Comment

ajaiib,,inilah cara menghapus data story WA yg menumpuk

Hey gaes selamat mengunjungi blog saya,semoga postingan saya ini dapat bermanfaat bagi agan agan semua dalam memperbanyak ilmu pengetahuan y...